Pesan Sekarang !Cloud Hosting Nomor 1 Di Indonesia

Pilih Mana ? Shared Hosting Atau Cloud Hosting

Bagikan Ke :

Shared Hosting Dan Cloud Hosting

Sebelum kita masuk dalam pokok pembahasan nya, ada baiknya kalau saya menjelaskan dulu pengertian dari kedua jenis hosting yaitu Shared Hosting dan Cloud Hosting Agar supaya, bagi anda yang masih awam dalam menggunakan hosting akan terbantu dengan artikel yang saya buat ini.

BACA JUGA : Layanan SSL Gratis

Dalam Shared hosting dan Cloud hosting terdapat berbagai kelebihan juga kekurangan seperti halnya sebuah produk.

Shared hosting dan Cloud hosting

Shared Hosting Dan Cloud Hosting : Pengertian Shared Hosting

Shared hosting merupakan layanan hosting berbagi pakai dalam satu server. Dalam kata lain, Seluruh penggunaan Resource, CPU, Hardware dan software sebuah server hosting digunakan bersama sama oleh ratusan bahkan ribuan user nya. Menggunakan Shared hosting ini akan berdampak pada seluruh jenis proses yang dilakukan oleh user. Jadi, jika layanan digunakan secara berlebihan itu akan berdampak buruk kepada servernya yang akan mengakibatkan Server down atau bahkan lebih parahnya website yang di hosting di server tersebut tidak dapat diakses, dan memakan waktu lama untuk memperbaiki nya.

Keuntungan Shared Hosting

Salah satu keuntungan menggunakan Shared hosting adalah dalam hal biaya nya. Terbukti kalau shared hosting lebih murah. Dengan kata lain uang yang kita rencanakan untuk di alokasikan untuk pendanaan sebuah website dapat di perkecil dengan menggunakan shared hosting. Selain itu juga dalam segi keamanan nya, shared hosting memiliki nilai “Plus” karena semua di manage oleh pihak penyedia hosting tersebut. Yang perlu anda lakukan hanyalah mengembangkan website yang anda kelolah tanpa perlu memikirkan tentang keamanan nya.

Kekurangan Shared Hosting

Kekurangan pada shared hosting ini tergantung dari jenis apa website yang anda hostingkan. Jika penggunaan sumber daya di website tersebut sangat besar, otomatis dampaknya tidak bagus untuk website itu sendiri. Contohnya Loading website akan semakin lambat, dan terkadang walaupun bukan anda yang menggunakan sumber daya yang besar itu, tetap saja akan berdampak pada anda. Bisa bisa website akan di tangguhkan oleh penyedia layanan tanpa persetujuan dari anda sebelumnya.

Bahkan walaupun anda sudah menjadi client dalam shared hosting tersebut, tetapi anda tidak mempunyai kebebasan dalam menyesuaikan server anda. Sebaiknya, anda memikirkan secara matang terlebih dahulu untuk menggunakan Shared hosting ini. Apalagi jika website yang hendak di hostingkan adalah website yang memerlukan resource yang besar.

Setelah membaca tentang kelebihan dan kekurangan shared hosting, kini giliran dari cloud hosting yang akan saya jelaskan. Baik, Mari kita mulai dari :

Shared Hosting Dan Cloud Hosting : Pengertian Cloud Hosting

Cloud hosting bisa di bilang adalah generasi terbaru dari jenis-jenis hosting yang ada. Cloud hosting dibuat berdasarkan teknologi cloud computing. Teknologi dimana memungkinkan beberapa me-manage komputer yang jumlahnya tak terbatas dan berfungsi untuk suatu sistem tunggal. Agar lebih memahaminya silahkan lihat penjelasan dibawah ini.

Misalnya, website anda ditempatkan pada sistem cloud menggunakan resource virtual ( CPU, RAM, DISK SPACE ) dari banyak server untuk memenuhi setiap kebutuhan mulai dari hosting website. Semua beban akan dibagi secara adil, keamanannya akan selalu menjadi perhatian utama dan setiap resource hardware akan selalu tersedia secara virtual. Jadi selalu siaga untuk dipakai kapanpun jika diperlukan.

Keuntungan Cloud Hosting

Cloud hosting memungkinkan untuk mengembangkan website anda baik secara vertikal maupun horizontal pastinya dengan mudah kapan dan dimana saja. Adapun keuntungan dari Cloud hosting yaitu sebagai berikut :

  • Horizontal scalling

    Anda bisa mengembangkan rangkaian server dengan menambah sejumlah server yang di tujukan untuk menangani masalah trafik pada website.

  • Vertikal Scalling

    Anda bisa menambahkan resource seperti RAM atau menambah kapasitas Disk Space terhadap server yang anda miliki untuk meningkatkan performa supaya dapat menangani beban kerja yang semakin meningkat dalam proses yang tidak memakan waktu lama, atau bisa dibilang Instan.

  • Realibility

    Website yang menggunakan cloud hosting akan terlindungi dari berbagai kerusakan server atau masalah lainnya. Karena website anda di hosting pada sejumlah server di dalam cloud, bukan hanya pada satu server saja. Jadi jika suatu saat salah satu server mengalami masalah, maka akan ada server pengganti yang siap mem-backup beban dan waktu secepatnya.

  • Massive Capacity

    Karena kemampuan cloud hosting bisa mengembang baik secara vertikal maupun horizontal, maka sebuah website mampu menghadapi jumlah traffik/pengunjung yang banyak dengan mudah. Jika tujuan website anda untuk mendapatkan Income, maka jumlah penjualan dan konversi akan semakin besar.

  • Dedicated Resource

    Sumber daya pada cloud hosting seperti CPU, RAM dan Disk Space di khususkan untuk kita sendiri. Jadi kebalikan nya dari shared hosting dan resource nya tidak akan pernah dibagi bagi.

  • No single Point Of Failure

    Selalu memiliki cadangan dan selalu terdistribusi. Maka dari itu tidak ada masalah Hardware maupun software.

  • High Efficiency

    Pengumpulan resource aktual menjadikan seluruh sistem sangat efisien dan performa resource secara individual baik itu software, server ataupun jaringan akan menambah ke[ada peningkatan kerja.

  • Enchanced Security

    Setiap Client hosting Cloud akan dibatasi dalam lingkungan nya sendiri. Hal ini akan memastikan keamanannya juga akan dibatasi. Tidak seperti shared hosting, Cloud hosting juga menjaga konten anda tetap aman. Dengan mendistribusikan data server ke berbagai server cadangan, informasi data yang dihosting dalam cloud akan terjaga dari kegagalan hardware.

Kekurangan Cloud Hosting

Saya sendiri menggunakan sistem Cloud hosting, dan untuk kekurangan nya sendiri saya rasa belum terlalu banyak ditemukan. Kalaupun ada, mungkin itu hanyalah keterbatasan CPU yang ketika pengunjung blog ini ramai, tingkat persentasi nya akan mendekati angka 100%. Itu sangat wajar pada sebuah Cloud hosting, sesuai dengan jenis paket nya saja. Kebetulan saya menggunakan Cloud hosting dengan kapasitas CPU 256MB , dan seringkali hampir melebihi batas penggunaan.

Cara satu satunya sebenarnya dengan menambah kapasitas tersebut dengan mengupgrade nya. Tapi untuk saat ini saya belum tertarik, karena jumlahpengunjung yang belum terlalu banyak.

Buat anda yang penasaran atau ingin segera mencoba layanan CLoud hosting, bisa segera mendaftar Di sini.

Cloud Hosting Dewaweb : Solusi hosting untuk Website Anda

Itu saja penjelasan dari saya tentang Perbedaan Shared hosting dan Cloud hosting . Apabila anda terbantu dengan postingan ini, silahkan di share ya. Agar supaya lebih banyak orang juga yang tahu.

Bagikan Ke :

Komentar Facebook

comments

Tags:
Komentar

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan