Pesan Sekarang !Cloud Hosting Nomor 1 Di Indonesia

Waktu dan aturan Mengirim Email Marketing

Bagikan Ke :

Waktu Dan Aturan Mengirim Email Marketing

Sebagian orang mungkin berfikir, Kapan Waktu dan Aturan Mengirimkan Email Marketing . Apakah hal tersebut memiliki dampak yang besar seperti mengunggah status di sosial media ?

Jawabannya adalah :

Tidak ada waktu yang tepat untuk mengirimkan Email marketing ini. Karena, banyak faktor yang harus diperhatikan. Jika ini berjalan baik di beberapa perusahaan belum tentu berdampak baik untuk anda.

Yang jelas, jangan sekedar meniru apa yang orang lain lakukan, ingatlah buat kreatifitasmu sendiri dan lakukan beberapa cara dibawah sebagai referensi.

  1. Sektor bisinis yang digeluti oleh sang penerima Email ( Sektor keuangan, media, kesehatan dll )
  2. Apa si Penerima email profesinya sebagai wirausaha ?
  3. Usia penerima Email
  4. Jenis Kelamin
  5. Lokasi tepat si penerima Email
  6. Status “Ekonomi” . Dari kekurangan sampai kekayaan dan sebagainya
  7. Status Pendidikan
  8. status Pekerjaan dan jabatan
  9. Status Perkawinan Si penerima email. Apa sudah memiliki anak atau belum
  10. Pandangan politik dari sasaran email yang akan anda kirimkan
  11. Ras, suku bangsa dan agama. Berbeda agama, hari raya nya pun berbeda. dan ini mempengaruhi kapan mereka akan mengecek email.

Hal yang di sebutkan di atas merupakan Faktor yang relatif stabil. Kemudian akan ada Pengaruh lingkungan secara luas dalam kurun waktu 1 tahun di depan, seperti emosional si penerima email, cuaca atau bahkan bencana alam yang tejadi. Semua itu memberikan konklusi bahwa tidak ada waktu yang tepat untuk mengirimkan email marketing kepada target Produk yang anda tawarkan.

Jadi, Pikirkanlah beberapa Faktor di atas sebelum anda benar-benar mengirimkan email marketing kepada pelanggan. Dan coba ikuti beberapa aturan simple ini. Yaa sebagai referensi saja. 🙂

Aturan Simple dari Email Marketing

Waktu dan aturan mengirim email marketing

  1. Jangan mengirimkan Email Marketing Anda pada senin pagi. Biasanya, semua orang dari berbagai kalangan sedang sibuk pergi bekerja dan melakukan aktivitas – aktivitas lainnya.
  2. Kemungkinan email marketing yang anda kirimkan akan jatuh tingkat presentasinya sebesar 50% dalam kurun 1 jam setelah pengiriman
  3. Email yang dikirimkan pada waktu akhir pekan bisa dibilang sangat sedikit, jadi cobalah mengirimkan email marketing ada pada waktu akhir pekan. Dengan begitu anda akan mendapatkan target market secara domestik ketika mereka menikmati hari liburnya atau target market bisnis ketika mereka mengecek email pada saat akhir pekan.
  4. Menurut pengamatan, CTR ( click trought rate ) paling tinggi untuk email B2B ( Bussiness to Bussiness ) terjadi pada hari Jumat, Mungkin email tersebut dibaca saat sedang berkumpul dengan teman sekantor pada jumat malam atau dibaca saat akhir pekan
  5. Campaign/Kampanye email marketing terbaik dilaksanankan pada hari selasa sampai kamis. Baik untuk pelanggan B2B  (bussiness to bussiness ) atau B2C ( bussiness to consumer )
  6. Untuk para pengguna yang mengecek email melalui mobile, ada 4 waktu yang memungkinkan email anda akan dibaca dan mendapatkan feedback. Yaitu– 08.00 – 09.00 ( saat perjalanan menuju tempat kerja )
    – 12.00 – 14.00 ( Waktu makan Siang )
    – 17.00 – 19.00 ( Saat perjalanan pulang dari tempat kerja )
    – 23.00 – 00.00 ( Waktu Istirahat malam )
  7. keberhasilan Email marketing anda, tergantung dari target dan trik pendekatan yang digunakan untuk kampanye anda. Yang berarti harus ada segmentasi dan percobaan yang harus dilakukan.

Tahap Segmentasi

Di tahap ini yang harus anda lakukan adalah menyortir daftar dari pelanggan email marketing. Dengan menggunakan Kriteria sebagai berikut :

  • Pisahkan pelanggan B2B (Bussiness to Bussiness) dengan pelanggan B2C (Bussiness to Consumer) dan targetkan mereka pada waktu dan hari yang tepat.
  • Pastikan Anda mengirimkan konten yang sesuai dengan bahasa yang digunakan oleh pelanggan Anda. Tidak ada gunanya mengirimkan konten berbahasa Inggris kepada pelanggan yang menggunakan bahasa Cina.
  • Sortir akun pelanggan Anda berdasarkan zona waktu dan budaya (contoh: perbedaan hari libur dalam seminggu)

Tahap Testing

Untuk mendapatkan rumus yang tepat untuk kampanye yang Anda lakukan, Anda harus melakukan tes secara keseluruhan dan disitulah Anda membutuhkan A/B Split Testing. A/B Split testing sebenarnya adalah sesuatu yang mudah, yaitu Anda mengirimkan 2 versi dari email marketing yang sama. Email tersebut haruslah sama persis kecuali untuk satu faktor, misalkan hanya memiliki perbedaan subject email, perbedaan call to action, dsb. Kemudian Anda dapat memantau email yang mana yang lebih sukses. Misalnya, email mana yang mempunya Open rates atau CTR (Click Through Rates) dan gunakan hasil tersebut untuk kampanye selanjutnya.

Yahh bagaimanapun juga, Anda tidak bisa menentukan mana faktor yang paling mempengaruhi email marketing bisnis anda, atau waktu yang tepat untuk mengirimkan email tersebut jika anda tidak pernah mencobanya.

Bagikan Ke :

Komentar Facebook

comments

Komentar

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan